THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Senin, 25 Juni 2012

Hutan Buatan Modern Di Singapura

Pohon tinggi yang didisain dengan konsep arsitektur yang modern, menjulang di antara gedung tinggi Singapura. Pohon-pohon yang seluruhnya terbuat dari potongan besi kuat itu, akan dijadikan hutan buatan dan menjadi satu atraksi wisata unggulan di Singapura.
Jembatan yang tergantung tinggi di puncak 'pohon' menawarkan pemandangan panorama daerah sekitarnya. (Gambar: Dailymail)
Hutan buatan yang merupakan taman kota ini akan segera diluncurkan pada 29 Juni mendatang. Bentuk pohon yang didisain dengan sangat unik itu, akan membuat banyak orang yang melintas di depan taman penasaran akan keindahannya. Apalagi, hutan yang dibuat oleh Gardens By The Bay itu, memiliki latar belakang Pantai Marina yang menyuguhkan aroma khas nan segar.
 
Berdasarkan berita yang dilansir dari Dailymail, Senin (30/4), pengunjung hutan buatan bisa menikmati panorama sekitar taman melalui jembatan udara yang disebut Skyway OCBC. Tinggi jembatan udara itu adalah sekitar 22 meter dari atas tanah, dan terhubung dengan Supertrees yang menjulang ke langit mencapai 42 meter.


Acara pembukaan hutan buatan ini rencananya akan menampilkan dua daya tarik utama, cahaya dramatis OCBC dan irama alam. Peresmian akan dilaksanakan pada 2 Juli, dengan tampilan efek khusus multimedia.
Selanjutnya, tampilan tersebut akan tetap diberlakukan setiap malam. Taman kota ini dilengkapi pohon yang memiliki batang beton kolosal dengan berat ratusan ton. Sementara itu, ribuan batang kawat tebal digunakan untuk membentuk cabang buatan dan kanopi. Ini akan menciptakan ruang hijau yang luas di distrik Selatan Marina, yang akan menjadi modal botani dunia.


Supertrees yang menjulang tinggi akan sulit untuk dilewati oleh ribuan orang. Diperkirakan, pengunjung akan disediakan daerah rekreasi, di bagian bawah pohon beton. Setiap Supertree akan ditambahkan kanopi dengan berat sekitar 20 sampai 85 ton, yang akan diangkat selama tiga sampai empat jam, oleh sistem hidrolik.


Rangka baja kemudian ditambahkan ke bagian sisi, untuk menghasilkan warna alam hutan. Pakar lingkungan bahkan telah merancang untuk menambah panel surya di tujuh dari Supertree. Energi surya yang dihasilkan akan digunakan untuk menerangi area di bawah ini. Taman gantung dan tangkapan air hujan akan ditambahkan ke pohon-pohon.


Ketika sudah selesai seluruhnya, akan terlihat struktur cluster konservatori hijau. Di dalam Supertree akan ada tanaman dari seluruh dunia. Taman ini juga akan menjadi rumah bagi Festival Taman Singapura.
Taman di Marina Selatan itu adalah satu dari tiga proyek taman tepi laut. Dua lainnya dibangun di Marina Timur dan Marina Pusat. Rencananya, akan terbentuk lingkaran tanaman hijau yang saling berhubungan, dengan tiga taman yang membungkus sekitar kawasan Marina Bay.


"Mereka harus ringan, mereka harus dipertahankan dan kuat, dan sejumlah besar upaya telah dilakukan untuk mencari tanaman yang benar-benar dapat dipertahankan untuk tumbuh," kata Kenneth Er dari Gardens by the Bay. 
http://jejakmenarik.blogspot.com/2012/05/hutan-buatan-modern-di-singapura.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar