KATA
PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha
Esa yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada saya sehingga saya
berhasil menyelesaikan Makalah ini dengan tepat pada waktunya yang berjudul ’Perana Koperasi”
Makalah ini berisikan tentang informasi tentang peranan-peranan koperasi dalam berbagai bentuk pasar. Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua.
Makalah ini berisikan tentang informasi tentang peranan-peranan koperasi dalam berbagai bentuk pasar. Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua.
Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari
sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat
membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga TYME senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.
Akhir kata, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga TYME senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.
Depok, 24 Desember 2012
Penyusun
Penyusun
Santiani
Manurung
Bab 11. PERANAN KOPERASI
Peranan
Koperasi dalam berbagai bentuk pasar Berdasarkan sifat dan bentuknya, pasar diklasifikasikan
menjadi 2 macam :
- Pasar dengan persaingan sempurna (perfect competitive market).
- Pasar dengan persaingan tak sempurna (imperfect competitive market) , yaitu :Monopoli, Persaingan Monopolistik (monopolistik competition), dan Oligopoli
Peranan
Koperasi dalam Persaingan Sempurna (perfect competitive market)
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna
:
- Adanya penjual
dan pembeli yang sangat banyak
- Produk yang
dijual perusahaan adalah sejenis (homogen)
- Perusahaan
bebas untuk mesuk dan keluar
- Para pembeli
dan penjual memiliki informasi yang
sempurna
Koperasi
dalam Pasar Monopolistik
Ciri-cirinya
- Banyak pejual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
- Produk yang dihasilkan tidak homogen
- Ada produk substitusinya
- Keluar atau masuk ke industri relatif mudah
- Harga produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya
- gambar
Koperasi
dalam Pasar Oligopoli
q Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa
perusahaan(penjual) yang menguasai pasar
q Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar
oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga
Gambar 9.1
Untuk
menghindari perang harga, perusahaan akan mengadakan product defferentiation
dan memperluas pasar dengan cara melakukan kegiatan advertensi, membedakan mutu dan bentuk produk
•
Penawaran
Harga yang bersifat Predator
•
Price
Leadership :
- Price Leadership oleh Perusahaan
dengan Biaya Terendah
Rintangan-rintangan
Memasuki Pasar
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar